loader
Jun 2023

Ramaikan HUT DKI Jakarta, Batavia PIK Resmi Dibuka Dengan Event Kebudayaan Meriah

Ramaikan HUT DKI Jakarta, Batavia PIK Resmi Dibuka Dengan Event Kebudayaan Meriah

Semburat warna jingga di langit perlahan berubah menjadi gradasi biru pekat seiring dengan alunan orkestra gambang kromong yang diiringi dengan tepuk tangan meriah. Tepat di atas panggung pertunjukkan yang megah, tampak sesosok figur dalam balutan busana batik yang melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan khidmat. Suasana pun semakin meriah dengan pementasan musikal Pesta Remaja Jakarta yang menandakan bahwa acara Grand Opening Batavia PIK telah dimulai. Terlebih lagi, pembukaan destinasi ritel, kuliner, dan hiburan tepi kanal termegah persembahan Agung Sedayu Group dan Salim Group ini digelar bertepatan dengan momen perayaan HUT DKI Jakarta ke-496. 

Menampilkan karya Swara Gembira dengan orkestrasi bergaya Broadway, Pesta Remaja Jakarta mengisahkan tentang kota metropolitan yang berkembang pesat di tengah arus globalisasi. Berbagai karakter dalam setiap adegan merepresentasikan penggambaran modern yang dituangkan dalam dialog, tarian, dan lagu-lagu bernuansa Betawi, Peranakan, dan Batavia tempo dulu. Lagu berjudul “Terima Kasih Jakarta” juga mengisi salah satu rentetan acara dengan cerita ibu kota Indonesia saat ini sebagai pusat pemerintahan, ekonomi, dan budaya. Terinspirasi dari kota Batavia dengan kekayaan sejarah dan budayanya, Amantara sebagai subsidiari Agung Sedayu Group yang mengkurasi dan mengkonsepkan Batavia PIK, bekerja sama dengan Legacy Entertainment untuk menjembatani kisah masa lalu dan masa kini dalam sebuah destinasi terkonsep yang modern. 

Ketika memasuki gerbang utama Batavia PIK yang megah, desain arsitektur vernakular bergaya tropis dan alunan musik khas Indonesia menyambut riang, mengingatkan kita kembali pada momen kejayaan kota Batavia tempo dulu yang dikenal dengan sebutan “Queen of the East”. Sebagai pusat perdagangan maritim di abad ke-18, kota Batavia telah menjadi titik pertemuan (melting pot) dan akulturasi berbagai suku bangsa yang menyatukan beragam budaya dan tradisi dari seluruh penjuru dunia. Batavia PIK, sebagai destinasi terapung terbesar di Jakarta, membawa semangat yang sama dimana setiap tenan dan acara yang dikurasi merepresentasikan persatuan dalam keberagaman. Menampilkan budaya Indonesia, Batavia PIK Alun Alun merupakan tempat terbaik untuk menikmati jalan-jalan sore menjelang senja sambil menikmati angin semilir. Salah satu contohnya adalah lenong, seni teater tradisional yang menjadi ciri khas budaya Betawi. 

Pertunjukkan lenong modern dalam Pesta Remaja Jakarta menampilkan aktor, komedian, dan YouTuber Jovial dan Andovi da Lopez. Dua bersaudara ini juga telah sukses berkarya lewat pentas musikal melalui platform YouTube-nya, SkinnyIndonesian24. Pertunjukkan ini juga melibatkan kuartet podcast Rapot yang terdiri dari pembawa acara radio dan anak muda kreatif Indonesia, yaitu Reza Chandika, Ankatama Ruyatna, Radhini Apriliya, dan Natasha Abigail. Narasi dalam pertunjukkan ini menggugah dan mengajak generasi penerus bangsa untuk tidak melupakan akar budaya serta turut berpartisipasi aktif dalam melestarikannya.